Pages

Monday, March 19, 2012

Memberdayakan Team "Bintang-Lini-Tengah"

Anggota team "bintang-lini-tengah" bisa jadi merupakan campuran dari berbagai jenis karyawan, baik yang yunior maupun yang sudah senior, dari beberapa bagian dengan pengalaman dan disipin ilmu yang mungkin berbeda.
Beberapa di antaranya mungkin telah mencapai kualitas terbaik pada masa sebelumnya, tetapi, apa pun alasannya, telah menjadi kurang produktif (prestasinya mulai menurun). Anggota team dalam kategori ini mungkin memiliki beberapa perilaku "Super Star" tapi kurang konsisten dalam kinerja mereka secara keseluruhan. 
"Bintang-lini-tengah" ini sering kali merupakan tulang punggung dan menjadi motor penggerak team. Mereka adalah orang penting yang akhirnya bisa menjadi "Super Star" ... atau malah sebaliknya, "Falling Star". Semua tergantung pada keterampilan kepemimpinan kita. Pemberdayaan dan peningkatkan performa dari "Bintang-lini-tengah" akan menentukan tingkat keberhasilan team kita.

Bagaimana cara kita mempengaruhi kinerja dari "Bintang-ini-tengah" ?

  • Membangun kepercayaan diri anggota-team dengan meningkatkan tanggung jawab mereka. Mulai dari yang kecil dan kemudian akan meningkat saat mereka mencapai sukses yang lebih besar.
  •  Secara berkala memberikan umpan-balik positif dan akurat.
  • Mengajarkan kepada anggota team bagaimana menetapkan tujuan untuk menjaga agar mereka tetap fokus dan bertanggung-jawab pada tujuan team.
  • Membimbing mereka untuk menjadi "super star", mengajak mereka melakukan hal-hal yang baik, dan kemudian memberikan penghargaan pada kinerja mereka.

0 comments: